Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemerintah Desa Lecah Kembali Salurkan BLT DD Bulan Juli, Agustus dan September tahun 2023





Pewarta: Iwan Brata Darma
Muara Enim Lensa Desa
 Bertempat di Kantor Desa Lecah Kecamatan Lubai Ulu Pemerintah Desa Lecah kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) terhitung dari bulan Juli, Agustus, September,atau selama 3 bulan sekaligus pada Jum'at (15/09/2023)



. BLT Dana Desa merupakan program jaring pengaman sosial untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Covid-19 telah menimbulkan dampak pada aspek sosial, ekonomi, dan keuangan selain dampaknya terhadap 



aspek kesehatan masyarakat. Sesuai dengan Pasal 36 Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023.Calon keluarga penerima manfaat BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf a diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Dalam hal Desa tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1 sampai dengan desil 4 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, Desa dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Desa berdasarkan kriteria: Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem. Kehilangan mata pencaharian. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis. Keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau APBN. Keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.Kepala Desa Lecah Edi Hermanjaya menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran BLT DD kali ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala jumlah penerima yaitu sebanyak 42 KPM (Keluarga Penerima Manfaat)  Setelah kegiatan penyaluran selesai, selanjutnya Pemerintah Desa Lecah segera menyusun laporan pertanggungjawaban serta laporan realiasi BLT untuk segera dikirim ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten muara enim .

Hadir Dalam giat tersebut, Kepala Desa Lecah Edi Hermanjaya, Ka subsektor polsek Rambang Lubai Iptu Purwito, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, kasi PMD dan masyarakat penerima Manfaat. 

Posting Komentar

0 Komentar