Ticker

6/recent/ticker-posts

ZIARAH PUYANG SEBAGAI SUATU TRADISI SEKALIGUS WISATA RILIGI DI DESA PARDIPE BESAMA



Pewarta: Abdul Gani
Muara Enim LENSA DESA

Wisata Religi Ziarah
Puyang, telah menjadi ikonya wisata Religi khususnya yang ada di Daerah Semende Puyang merupakan orang yang dihormati dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, panutan masyarakat dan mempunyai banyak jasa dalam perkembangan kehiduapan masyarakat dimasanya. Hampir di semua wilayah kabupten muara Enim terdapat Makam Puyang.


Selain makam secara fisiknya, makam puyang bisa diidentikan juga dengan Tapak atau tanda jejak dari Puyang tersebut, baik berupa Batu atau gundukan tanah yang keras dan bisa terlihat dengan jelas. Untuk peziarah biasanya ada ritual khusus yang dilakukannya serta ada keinginan yang disampaikan. Yang paling sering dan ramai dikunjungi peziarah adalah Makam Puyang puyang Awak sech Nurkodim Al Baharudin yang konon khabarnya adalah tokoh legendaris yang berada di desa Perdipe Besema Untuk berziarah ke makam ini pengunjung ditemani oleh Jurai Tue atau juru kunci yang 


merupakan tokoh masih garis keturunan puyang Awak tersebut dan mengerti tentang makamnya. dan Makam Puyang Awak Untuk peziarah biasanya ada ritual khusus yang dilakukannya .
Seperti yang di lakukan toko Agama dari Desa pulau panggung kecamatan Semende Darat laut pada Hari ini Senin 19/6/2023 Ustadz Ali Imron Bersama Rombongan Berziarah ke makam puyang Awak Sech Nurkodim Al Baharudin di dusun Perdipe.

Posting Komentar

0 Komentar